BLOG TERBARU SAYA ADA DI WWW.JILBABBACKPACKER.COM

Sunday, April 10, 2011

14 Jam di Airasia X

Perjalanan KL-London memakan waktu lebih dari 13 jam. Gila, lama banget ya.. Ini sebenernnya bukan perjalanan jarak jauh pertama gue. Gue pernah terbang 10 jam dari Singapura menuju Istanbul. Tapi, waktu itu kan naiknya bukan low budget airline macam Airasia ini. Kursinya lebar-lebar, ada Tv yang dilengkapi film2 dan musik terbaru, ada makanan setiap beberapa jam. Lah, ini kan airasia. Kursinya sama aja ama kursi pesawat jarak dekat, dengan jarak antar kursi ga terlalu jauh. (Untung kaki gue ga sepanjang bule2 itu ya..)

Ditambah lagi, ga ada TV dan hiburan satupun. Makanan dan minuman juga mesti bayar, mahal pula. Sebenernya gue udah mempersiapkan diri untuk ini. Gue bawa dua buku tebel, bawa Ipod touch biar bisa maen game. Tapi apa daya, Ipod gue baterenya abis dan gue ga punya chargeran. Jadilah ipod itu hanya memberatkan tas gue saja :P

Di sana sebenernya disediain penyewaan alat semacam Ipad seharga 35 RM (kalau ga salah inget). Tapi isinya ga terlalu banyak, hanya ada 2 film, lagu2 dan beberapa game. Lumayan juga sih karena dapat dipakai penuh selama 14 jam (dan bisa gantian pula ama temen sebelah :p).

Oiya, untuk perjalanan jauh seperti itu, ada hal-hal yang sebaiknya dilakukan (disarikan dari tulisan di majalahnya airasia). Cekidot guys..
- Minum air putih sebanyak-banyaknya. Walaupun nggak merasa haus, ketinggian dan perbedaan tekanan udara di pesawat bikin kita kekurangan cairan. Jadi sebaiknya selama penerbangan, minumlah air putih atau jus sebanyak-banyaknya, jangan minum kopi, teh apalagi alkohol.
- Sesekali lakukan stereching ringan, untuk mencegah otot kita kaku. Caranya lutut ke arah bangku, tahan beberapa detik.
- Kalau kondisi pesawat stabil, jalan-jalan lah di lorong. Kalau gue sih jalan-jalan sambil menuju kamar mandi. Maksudnya, gue sengaja pilih wc yang di ujung, biar gue jalannya rada jauh.
- Biar ga jetleg, tidur sebanyak-banyaknya saat perjalanan dari barat menuju timur. Dan sebaliknya, usahakan tidur sedikit saat perjalanan dari timur menuju ke barat. Ga tau apa alasannya de, yang jelas ini gue praktekkan sangat2...

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home